PASKIBRA SMPN 1 Ciparay

PASKIBRAKA adalah ( Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ), satu pasukan pemuda dan pemudi dari seluruh Indonesia yang mewakili tiap Propinsi yang berjumlah 54 orang yang bertugas menaikan dan menurunkan bendera pusaka.

Pada tanggal 5 Agustus 1966, Bapak H Mutahar sebagai salah satu ajudan Presiden Soekarno, menjadi Direktur Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka atau Ditjen UDAKA yang salah satu kegiatannya adalah latihan Pandu ber-Pancasila, kemudian di uji cobakan untuk kurikulum pembinaan Pasukan Pengerek Bendera Pusaka dengan ide dasar 1967, maka beliau mengembangkan Pasukan Pengerek Bendera Pusaka menjadi 3 kelompok :

  • Kelompok 17 atau pengiring
  • Kelompok 8 atau pembawa atau inti
  • Kelompok 45 atau pengawal

Sebagai makna hari Kemerdekaar Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Paskibraka telah mengalami beberapa kali pergantian nama diantaranya :

  1. Pada tahun 1967 – 1972, anggota yang terlibat dalam pengibaran bendera pusaka di sebut Pasukan Pengerek Bendera Pusaka ( PASERAKA ). Oleh Bapak H Mutahar.
  2. Pada tahun 1973, Bapak Idik Sulaeman melontarkan nama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka ( PASKIBRAKA ) sampai sekarang.
  3. Dan pada tahun 1984, Bapak Dedi Darmawan melontarkan nama Pasukan Pengibar Bendera ( PAKIBRA ) untuk bertugas di tiap satuan di daerahnya masing-masing.Tidak hanya sampai di situ, PASKIBRAKA dan PASKIBRA juga terus berkembang ketiap penjuru mulai dari tingkat Nasional, Propinsi, Kodya, Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai tingkat sekolah.Sekolah merupakan salah satu pusat peningkatan kualitas sumber daya manusia, berkewajiban mempersiapkan kader penerus bangsa yang handal dan terampil serta mandiri, untuk itu sekolah di tuntut untuk memberikan bekal kepemimpinan, keterampilan, mendorong kreativitas, idealisme, patriotism serta membentuk pribadi yang mandiri serta membina budi pekerti yang baik pada para siswanya.

    Pasukan Pengibar Bendera ( PASKIBRA ) merupakan Organisasi yang menumbuhkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, terampil, cinta tanah air dan semangat kebangsaan dan rasa kesetia kawanan social dan sekaligus sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda.

    Oleh sebab itu PASKIBRA dituntut untuk mampu berperan serta dalam mewujudkan fungsi sekolah  secara terarah dan teratur agar dapat mencapai tujuan yang di inginkan.